Sejarah G30S/PKI

sumber foto : slideshare.net

Sebagai warga indonesia sudah seharusnya kita mengetahui tentang sejarah Peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan nama G30S/PKI.Peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 September hingga Oktober 1965 di jakarta dan Yogyakarta, enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya gugur dalam peristiwa tersebut.

1.Sejarah singkat G30S/PKI
G30S/PKI merupakan suatu gerakan yg bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.Gerakan tersebut di pimpin oleh DN Aidit yang pada saat itu merupakan pimpinan ketua Partai Komnis Indonesia (PKI)

Pada 1 oktober 1965 pada waktu dini hari ,Letkol Untung yang merupakan angota Cakrabirawa (pasukan pengawal istana ) memimpin pasukan yang di anggap loyal pada PKI

BACA JUGA  Chord ILIR 7 salah apa aku

Gerakan tersebut adalah mengincar seorang perwira tinggi TNI AD Indonesia .Tiga dari enam orang yang menjadi target, gugur di kediamannya sedangkan sebagian lainnya di culik dan langsung di bawa menuju Lubang Buaya.

Singkat cerita Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu di temukan selang beberapa hari kemudian .

2.Pejabat Tinggi yang menjadi korban G30S/PKI

Perwira tinggi Angkatan Darat yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI adalah :

1.Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
2.Mayor Jenderal Raden Soeprapto
3.Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
4.Mayor Jenderal Siswondo Parman
5.Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
6.Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo

Keenam perwira Tinggi tersebut Gugur dalam peristiwa G30S/PKI , Sementara Panglima TNI A.H Nasution yang menjadi target utama dalam gerakan G30S/PKI tersebut berhasil meloloskan diri,namun putrinya yang masih kecil Ade Irma Nasution meninggal dalam peristiwa tersebut .

BACA JUGA  Alasan mengapa Realme 5 pro layak di beli

Paska kejadian peristiwa G30S/PKI rakyat menuntut Presiden sukarno untuk membubarkan PKI,Presiden Sukarno kemudian memerintahkan Mayor Jenderal Soeharto untuk membersihkan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI.

Untuk mengenang Jasa ke tujuh Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa ini soeharto menggagasskan di bangunnya Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya ,jakarta timur .

Demikianlah sejarah singkat G30S/PKI semoga menambah wawasan tentang sejarah masa lalu bangsa indonesia ,maaf jika ada salah kata dalam penulisan,semoga bermanfaat


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copas yah sobat-sobatku !!