Pentingkah trussrod yang tertanam pada gitar

Selamat malam sobat bagaimana kabarnya semoga sehat selalu yah amin,di bulan ramadhan ini semoga puasanya pada tamat yah hhe baru kali ini saya bisa menyempatkan waktu lagi buat nulis artikel kemarin-kemarin sibuk kerja pulang kerja langsung tidur karena cape mungkin di tambah puasa kan jadinya absen terus.

Nah untuk mengobati rasa rindu , kali ini saya akan membahas seputar part gitar yang sering terlupakan oleh para gitaris pemula dan kadang di anggap remeh karena memang benda ini tidak terlihat namun memiliki fungsi yang sangat vital bagi kelangsungan dan keawetan sebuah gitar..

source images : tokopedia.com



sebagai contoh pada ilustrasi gambar di bawah ini adalah gambar gitar yang tanpa trussrod, ketika kondisi senar menarik secara kuat lama - kelamaan akan mengalami kebengkokan dan kalo di biarkan mungkin gitar akan patah.

source images : chord-qu.blogspot.com



btw sobat disini ada yang pernah pergi ke toko gitar untuk sekedar hunting membeli atau melihat gitar saja ,kalo pernah pastilah kita ingin mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik ,namun karena ketidaktahuan kita biasanya pemula hanya melihat corak dan tampilan gitarnya saja tanpa melihat sisi yang lainnya ,

nah agar tidak menyesal di kemudian hari alangkah baiknya jika kita mengenal dengan part gitar yang tersembunyi ini apa itu yah trussrod ,apa itu trussrod ,trussrod adalah besi yang melintang di stang gitar,dan seberapa pentingkah trussrod pada gitar jawabannya adalah sangat penting dan wajib hukum nya terutama untuk gitar-gitar akustik karena rata-rata gitar akustik jarang memakai trussrod ,kalo adapun paling di gitar kisaran harga 500 ribuan ke atas di bawah itu di pastikan tidak di tanam trussrod,

cara cek keberadaan trussrod cukup mudah sobat tinggal lihat saja pas di bagian lubang gitar sebelah depan kalo ada besi terus berlubang kecil itu sudah di pastikan ada trussrod nya kalo tidak berarti memang kosong gitar tersebut tidak bertrussrod.nah bagaimana dengan gitar listrik ,kalo gitar listrik sepengalaman saya semuanya sudah di tanami trussrod jadi kalo sobat ga mau ribet nyari gitar yang ada trussrodnya saran saya pilih gitar listrik saja ..

Ada beberapa macam jenis trussrod yang perlu sobat ketahui yaitu ;

1.Single trussrod

Trussrod jenis ini hanya memiliki satu buah bilah atau batang besi saja. Dengan ujung yang berfungsi sebagai pengatur kelurusan neck gitar. Jenis ini memiliki kemampuan saat dikencangkan untuk menempatkan tekanan di bagian belakang leher sehingga membuat leher gitar membungkuk kebelakang. Hal ini bertujuan untuk menangkal ketegangan senar dan meluruskan neck.

2.Non-adjustable trussrod

Untuk trussrod jenis ini tidak memiliki ujung yang berfungsi untuk mengatur kelurusan neck seperti pada jenis truss rod pada umumnya. Karena jenis ini bersifat permanen tidak bisa diatur seperti truss rod biasanya.

3.Dual action trussrod

Untuk trussrod jenis ini memiliki dua bilah batang besi untuk menciptakan ketegangan dikedua arah. Perbedaan penting disini adalah batang trussrod ini bisa menciptakan kelegaan tersendiri. Meskipun tidak terlalu umum neck bisa menjadi kaku sehingga neck tetap rata atau sedikit membungkuk dibawah ketegangan senar.

4.Double trussrod

Terakhir untuk trussrod jenis ini biasanya digunakan pada gitar yang memiliki 12 senar dan juga gitar bass. Karena dapat memberikan kekuatan dan ketegangan tambahan sehingga neck tidak mudah bengkok. Pemasangannya menggunakan dua buah single truss rod yang dipasang berdampingan. Cara mengaturnya adalah dengan memutar salah satu truss rod kemudian memutar truss rod lainnya agar menghasilkan kelurusan neck yang diinginkan.

Mungkin di luar sana masih banyak macam-macam trussrod  yang lainnya namun yang saya ketahui hanyalah 4 macam saja,waktu sudah menunjukan pukul 11:00 dan saatnya saya harus pamit untuk beristirahat karena besok saya harus beraktifitas kembali, mungkin cukup sekian pembahasan tentang pentingnya trussrod pada gitar semoga bermanfaat buat sobat semuanya wasalam..


0 Response to "Pentingkah trussrod yang tertanam pada gitar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel