18 jenis dan macam-macam aksesoris gitar beserta fungsi dan kegunaannya

 Selamat malam sobat gitaris yang pada berkunjung kesini pasti gitaris semua kan, kalo bukan juga tidak apa-apa semoga menjadi wawasan dan pengetahuan buat kita semua dan menjadikan semua orang menyukai alat musik gitar karena kalo menurut saya hanya gitarlah yang paling mudah untuk dipelajari,

oke sobat blogger kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam aksesoris gitar baik itu yang menempel langsung pada gitarnya ataupun yang di luar gitarnya dan dari kesemua itu termasuk aksesoris tambahan gitar lainnya , apa sajakah itu mari saya bahas satu persatu  diantaranya :


1.Senar gitar

source images : lazone.id


Senar gitar menjadi aksesoris di urutan pertama karena kegunaannya yang mendasar yaitu untuk menghasilkan bunyi .Di pasaran banyak sekali jenis senar gitar yang yang di jual mulai dari yang kualitas rendah sampai yang bagus namun yang paling umum adalah yang berlogo pyramid jenis senar ini paling laku di pasaran karena memang dari segi harga paling murah di bandingkan jenis senar yang lainnya .

 2.Pick up atau spul gitar

source images : djarumcoklat.com


Pick up gitar biasanya di gunakan oleh gitaris yang ingin suara output gitarnya keluar dari speaker ,cara kerja spul gitar ini hampir mirip dengan cara kerja microphone yaitu gelombang suara energi akustik dirubah menjadi energi listrik(sinyal audio) biasanya untuk gitar akustik spul gitar harus di pasang manual di lubang gitar ,dan kalo gitar listrik sobat tidak perlu repot karena biasanya memang sudah terpasang ..


3.Ampli

source images :  tokopedia.com


Amplifier gitar biasanya di gunakan oleh gitaris untuk menghasilkan sound atau suara yang lebih keras ini adalah aksesoris wajib gitar listrik ..

4. Tas gitar atau case gitar

source images :  lazada.co.id


Tas gitar penting buat sobat yang sering traveling atau nongkrong biar ga ribet bawa gitarnya ..


5. Efek gitar

source images : belialatmusik.com


Sobat gitaris pasti kalian sudah kenal kan dengan alat ini ? yah benar efek gitar dengan beragam jenis efek pasti bagi sobat yang masih pemula bingung untuk memilihnya bukan namun saran saya cari sound efek yang enak di dengar saja dan sesuaikan dengan genre musik yang sobat suka .efek gitar sendiri memiliki kegunaan yaitu untuk menghasilkan suara-suara yang bervariasi yang indah dan enak di dengar tentunya .

6.Pick atau klaber gitar

source images : tokopedia.com

Pick atau biasa orang menyebutnya klaber ini memiliki kegunaan sebagai alat bantu untuk memetik gitar sehingga jari - jari kita tidak perlu menyentuh senar secara langsung ke gitar .Dengan bantuan pick ini biasanya gitaris yang sudah berprofesional mampu mengeluarkan skill yang luar biasa di bandingkan tanpa menggunakan pick atau klaber ini.

7.Stand gitar

source images : shopee.co.id


Stand gitar berguna untuk menyimpan gitar dalam posisi berdiri .stand ini terlihat lebih elegan di banding dengan model yang lainnya. dari segi penyimpanan kalo foto yang di atas hanya single gitar dan hanya mampu menyimpan satu gitar saja dan untuk jenis yang lainnya bahkan ada yang mampu menyimpan gitar hingga 3 gitar sekaligus .


8.Hanger gitar

source images : lazada.co.id


Hampir sama dengan stand gitar namun kali ini versi hanger, jadi jika sobat ingin menaruh gitar sobat tinggal di gantung saja seperti menjemur pakaian versi ini menurut saya paling simple namun ribet saat pemasangannya karena harus di paku di dinding.


9.Tunner gitar

source images :  shopee.co.id


Sebuah alat untuk mempermudah menyeting dan mengatur nada gitar agar sesuai dengan nada yang telah di tentukan nada standarnya

10.Strap gitar atau sabuk gitar

source images :  tokopedia.com


Strap atau sabuk gitar untuk mempermudah gitaris bermain gitaris saat berada pada posisi berdiri.


11.Pre ampli gitar eq

source images :  id.aliexpress.com



Preamp di gunakan untuk menaikan atau meningkatkan input gain signal audio sebelum masuk ke sound card biasanya preamp di gunakan pada gitar akustik


12.Tremolo gitar

source images :   spinditty.com


Tremolo gitar berfungsi sebagai pengait untuk menarik senar pada bridge gitar dan digunakan untuk menghasilkan beberapa efek suara khusus yang mengejutkan, seperti suara jeritan, raungan kuda, suara vibrato dan berbagai efek suara lainnya.dengan cara menarik handle ke atas dan kebawah.


13.Handle Gitar

source images :  shopee.co.id



handle gitar berguna untuk menghasilkan nada tinggi dengan menggerakan handle ke bawah atau ke atas, biasanya handle ini berada satu set dengan tremolo gitar


14.Slider

source images :  id.aliexpress.com


Slide ini berguna untuk menghasikan nada yang lembut tanpa terdengar patah-patah dan suara melodi yang di hasilkan pun enak di dengar..

15.Saddle nut gitar

source images : shopee.co.id



Saddle Nut adalah bantalan kecil yang di gunakan untuk menyangga 6 buah senar agar suara yang di hasilkan nyaring


16.Screeching halt

source images : jakartanotebook.com


Screeching halt kegunaannya untuk menutup lubang senar akustik agar bunyi yang di keluarkan tidak mengalami feed back


17.Capo

source images : shopee.co.id


Capo berguna untuk meningkatkan posisi loss senar (open string )yang bertujuan untuk memudahkan para gitaris dalam bermain akord

18.String winder

source images :  cumberlandacoustic.com


String winder berguna untuk memutar tuning agar lebih cepat dalam hal penyeteman gitar..

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai macam -macam aksesoris gitar apabila ada salah kata atau ucapan mohon maaf ,semoga tulisan saya ini berguna buat semuanya akhir kata wasalam semoga bermanfaat...


0 Response to "18 jenis dan macam-macam aksesoris gitar beserta fungsi dan kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel